Salah satu tuntutan guru zaman sekarang yang mesti dipenuhi adalah jadi guru yang sanggup selamanya kreatif dan inovatif sesuai dengan pertumbuhan keilmuan dan teknologi jasa konten tiktok. Hal selanjutnya tak lain mempunyai tujuan supaya menumbuhkan minat dan antusias studi peserta didik.

Namun pernahkan Bapak/Ibu Guru kebingungan pilih apa yang mesti dilaksanakan kita sebagai guru supaya sanggup jadi guru yang kreatif dan inovatif? Bapak/ibu tidak sendirian karena sayapun demikian.

Tips jadi Guru yang kreatif dan inovatif adalah dengan selamanya berusaha mengupdate pengetahuan pengetahuan dan keahlian sesuai dengan pertumbuhan zaman supaya membawa dampak guru lebih berwawasan luas, beranggap terbuka, cerdas di dalam berteknologi dan menyukai tantangan.

Hal itulah yang membawa dampak aku berusaha mempelajari hal apa saja yang sedang digemari oleh anak zaman sekarang yang sanggup dimanfaatkan sebagai tempat inovatif di dalam pembelajaran. 

Salah satunya dengan manfaatkan Membuat konten Tiktok Sebagai Salah Satu Media Inovasi Pembelajaran yang sanggup dimanfaatkan guru dan peserta didik di dalam Kegiatan Belajar Mengajar.

 kurang lebih 10 juta pengguna aktif aplikasi Tik Tok di Indonesia. Mayoritas dari pengguna aplikasi TikTok di Indonesia sendiri adalah anak milenial, umur sekolah, atau biasa dikenal dengan generasi Z. 

Melihat fakta dari jumlah pengguna yang mencapai10 juta lebih di Indonesia dan mayoritas merupakan anak umur sekolah (siswa), maka sanggup diketahui bahwa aplikasi Tik Tok jadi primadona, digandrungi dan menarik minat para milenial yang mayoritas anak umur sekolah.

 Itulah yang membawa dampak aku berpikir bahwa Tik Tok sanggup diolah jadi tempat pembelajaran yang menarik dan interaktif yang sanggup digunakan oleh guru dan peserta didik.

Alasan lainnya, Tiktok punyai fitur-fitur lengkap yang sanggup digunakan sebagai tempat pembelajaran antara lain fitur rekam suara, rekam video, terdapat nada latar, pilihan filter untuk pengguna, sanggup di bagikan dengan mudah, sanggup diunduh dengan mudah dan juga sanggup digunakan untuk berkolaborasi dengan peserta didik lainnya.

Peserta didik bakal diminta untuk membawa dampak konten terhadap aplikasi Tiktok sesuai dengan Kompetensi dan juga materi ajar yang udah ditentukan oleh guru.

Semua guru mata pelajaran sanggup manfaatkan Tiktok ini sebagai tempat pembelajaran dikelas baik untuk inovasi presentasi siswa atau tempat ajar lainnya. Adapun 3 hal penting yang mesti dilaksanakan guru di dalam manfaatkan Tiktok sebagai tempat pembelajaran menarik, inovatif dan interaktif.

Guru mesti mengetahui  tentang Kompetensi Dasar dan kesesuaian materi yang bakal diajarkan.

Kompetensi Dasar dan materi yang bakal digunakan kali ini adalah Pengetahuan 3.7 yaitu  Mengelompokkan jamur berdasarkan ciri-ciri, langkah reproduksi, dan mengaitkan peranannya di dalam kehidupan dan keterampilan 4.7 yaitu Menyajikan laporan hasil investigasi tentang keanekaragaman jamur dan peranannya di dalam kehidupan yaitu terhadap mata pelajaran Biologi SMA Kelas X.

Biologi yang sama juga dengan Praktikum dan laboratorium sanggup manfaatkan Tiktok sebagai tempat pembelajaran maka tidak menutup kemungkinan sanggup digunakan untuk mata pelajaran lainnya.

Guru mesti lebih-lebih dahulu mengetahui fitur dan sanggup membawa dampak konten Tiktok sendiri sebelum mengarahkan kepada siswa di dalam pembuatan Konten.

Alangkah baiknya, kita sebagai guru sebelum meminta siswa mempraktikan di dalam pembuatan konten Tiktok, maka kita mesti lebih-lebih dahulu mengetahui tentang fitur-fitur apa saja di di dalam aplikasi Tiktok dan udah sanggup membawa dampak konten sendiri yang sanggup dijadikan acuan bagi siswa untuk lebih kreatif di dalam pembuatan video.

Guru membawa dampak anjuran atau tutorial di dalam pembuatan Konten Tiktok

Setelah guru berhasil membawa dampak konten Tiktok, maka seterusnya guru membawa dampak anjuran tentang fitur Tiktok dan langkah menggunakannya.

Hal selanjutnya guna membawa dampak siswa lebih mudah mengetahui sementara bakal membawa dampak konten tiktok itu sendiri.  Panduan sanggup berwujud video tutorial atau anjuran terhadap lampiran kertas yang udah disempurnakan dengan gambar.

Itulah 3 hal penting yang mesti dilaksanakan guru untuk membawa dampak siswa sanggup berkreasi dalan membawa dampak konten yang bakal digunakan untuk tempat pembelajaran di kelas.

 Nah, apa saja sih keterampilan yang bakal dilatih di dalam membawa dampak konten pembelajaran dengan aplikasi Tiktok

 Keterampilan Berbicara

Media pembelajaran mesti didesain dengan tepat supaya sanggup meningkatkan keterampilan bicara siswa secara menyeluruh. Aplikasi Tik Tok memberi kemudahan dan keluwesan kepada penggunanya untuk memasukkan nada latar ke di dalam aplikasi. Pada pembuatan konten Tiktok, siswa mesti bicara untuk sanggup menjelaskan beberapa ciri jamur, guna jamur dan investigasi lainnya sedemikian rupa di dalam kurun sementara 2 menit supaya isikan materi sanggup tersampaikan dengan baik, Hal selanjutnya sanggup membawa dampak keterampilan siswa untuk sanggup bicara dengan efektif dan efisien.

2. Keterampilan ,Membaca/literasi

Membaca punyai target untuk menggali pesan-pesan tertulis bahan bacaan. Walaupun demikian, membaca bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Berdasarkan information UNESCO, Indonesia tempati kronologis ke dua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca terlampau rendah.

 Minat baca penduduk Indonesia juga memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, hanya 1 orang yang rajin membaca. Maka, keliru satu hal lainnya yang terlampau baik dikembangkan adalah keterampilan membaca.

Sebelum membawa dampak konten di Tiktok, siswa diharuskan membaca lebih-lebih dahulu materi yang diajarkan dan bahan bacaan lainnya yang bakal digunakan oleh siswa itu sendiri untuk membawa dampak konten.

3.  Kreativitas

Kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta. Artinya, bagaimana seseorang manfaatkan daya imajinasinya dan sejumlah kemungkinan yang diperoleh karena pertalian dengan inspirasi atau gagasan, orang lain, serta lingkungan. Pembuatan konten Tiktok ini menghidupkan kreativitas siswa di dalam penyajian suatu materi dengan lebih menyenangkan. Sehingga siswa bakal berpikir bagaimana membawa dampak konten jadi semenarik kemungkinan tetapi isikan dan maksudnya tersampaikan dengan baik.

Berikut contohh hasil dari pembuatan Konten Pembelajaran Berbasis Tiktok yang dibuat oleh siswa sebagai tempat pembelajaran.

Selalu studi untuk berinovasi dan membuka diri terhadap pertumbuhan keilmuan dan teknologi adalah tuntutan bagi guru zaman sekarang. Inovasi mesti dilaksanakan oleh seorang guru demi melayani keperluan siswa dan mengembangkan proses pembelajaran yang udah ada. Media pembelajaran yang bakal digunakan mesti sesuai dengan kondisi, kemampuan, karakteristik siswa dan kesesuaian dengan materi yang diajarkan. 

By admin