Klasifikasi Electromagnetic Flow Meter merupakan type type berasal dari magnetic flow meter, yang di mana masing masing berasal dari klasifikasinya miliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Mari kita bahas lebih di dalam kembali tentang Electromagnetic Flow Meter.

Klasifikasi Electromagnetic Flow Meter

Semua klasifikasi electromagnetic Flow Meter Solar hanya mampu diaplikasikan pada cairan yang membawa konduktivitas. Karenanya, flowmeter ini tidak mampu digunakan untuk cairan hidrokarbon atau air demin yang sudah dihilangkan anion dan kationnya. Jenis cairan yang mampu dibaca flowmeter magntic adalah air limbah, sungai, laut, lumpur,  kimia, cooling tower, minuman, susu, dan lainnya.

Flow meter magnetic merupakan type flowmeter air yang paling banyak digunakan karena nggak tersedia anggota komponen  berputar agar tidak macet. Walupun, airnya punya kandungan kotoran, sampah atau partikel solid tidak bakal mengakibatkan kerusakan flowmeter.

Electromagnetic flow meter membawa akurasi yang cukup baik pada kisaran 0.5%. Untuk aplikasi tertentu kita mampu pilih type material yang disesuaikan bersama dengan karakteristik caira. Berdasarkan cara instalasi flow meter magnetic mampu di golongkan sebagai tersebut :

In Line flow meter magnetic

Insertion magnetic flow meter

In Line Flow Meter Magnetic

Klasifikasi Flow meter magnetic in line merupakan type flow meter yang cara instalasinya sejalur bersama dengan pipa. Dimana cara instalasinya bersama dengan memotong pipa sesudah itu flow meter magnetic dipasang bersama dengan koneksi terkait sesuai desain engineering.

Jenis Flow meter magnetic inline membawa koneksi yang mampu disesuaiakan bersama dengan permintaan dan biasanya tersedia 3 type koneksi yaitu koneksi flange, ulir dan wafer. Untuk koneksi flange mampu dipilih JIS, PN dan ANSI, sedang clas pressure juga mampu dipilih berasal dari  5 bar sampai 80 bars.

Sedangkan material untuk koneksi disesuaiakan bersama dengan karateristik cairan tersedia yang manfaatkan carbon steel, stainless steel atau PVC. Untuk type ulir, biasanya diaplikasikan pada size kecil bersama dengan maksimal size 2″ dan ini agak jarang pabrik memproduksinya.

Untuk Koneksi wafer flow meter magnetic biasanya membawa harga yang agak ekonomis dan tidak mengenai bersama dengan type flange. Karena pembawaan berasal dari koneksi wafer ini terkait pada baut yang menjadi penjepit wafer agar flow meter mampu diinstal bersama dengan baik. Jenis koneksi wafer  membawa kelemahan pada tingkat instalasi di dalam mencari titk center di mana diharap[kan posisi electrode perlu benar tegak lurus.

Magnetic Flow Sensor

Komponen flow meter magnetic tersedia dua anggota  yaitu magnetic flow sensor dan magnetic flow transmitter atau converter magnetic. Untuk flow sensor magnetic terdapat sebagian komponan sesuai bersama dengan type dan type flow meternya. Jenis Flow sensor biasanya menjadi acuan size flow meter bersama dengan koneksi disesuaikan suasana lapangan apakah manfaatkan flange, ulir atau lainya.

Komponen flow sensor magnetic ini terdiri berasal dari :

Flow tube

Liner

Electrode sensor

Flange

Housing flow tube

Komponen flow sensor magnetic utama adalah electrode yang berguna sebagai sensor guna menciptakan induksi electric sesuai bersama dengan hukum farady. Electroda magnetic sensor ini mampu manfaatkan bahan yang paling standart yaitu SUS316L atau hastalloy atau titanium. Pemilihan type material electrode ini disesuaikan bersama dengan aplikasi dan type cairan dan juga spesifikasi lainnya.

Komponen magnetic flow sensor ke dua adalah liner, bahan material liner mampu berwujud rubber, teflon, PTFE, polyurethan atau cramic. Pemilihan type material liner didasarkan pada temperature cairan, maksimal pressure dan tingkat keabrasivean cairan.

Untuk type cairan pada sistem makanan, minuman dan obat obatan hendaknya manfaatkan linet yang miliki kelas food grade. Sedangkan cairan yang panas  sampai temperature 160 derajat celsius mengunakan material teflon atau PTFE. Kunci utama berasal dari penentuan material adalah karakteristik berasal dari cairan, temperature dan pressure.

By admin