Alat ukur debit air adalah alat ukur untuk menyadari debit air pada saluran tertutup layaknya pipa atau saluran terbuka layaknya parit, kanal atau sungai.

 Istilah dari alat ukur debit air ini dapat diterjemahkan dengan meteran air atau banyak yang menyebut dengan arti flow meter solar.

Meteran air ini banyak di gunakan di tempat tinggal tempat tinggal atau apartemen, untuk menghitung volume air yang digunakan sebagai acuan pdam untuk menagih besarnya ongkos yang wajib di bayar.

Untuk skala industri Alat ukur debit air yang kerap disebut dengan water flow mtr. digunakan untuk menyadari kecepatan aliran air, debit air dan volume air yang di gunakan. Satuan dari flow meter ini dapat mengacu pada brithish standart maupun standart internasional,

Fungsi Alat Ukur Debit air

Di dunia industri layaknya industri automotiv, industri makanan dan minuman, industri kimia, industri pengolhan limbaa, Fungsi flowmeter  dapat digunakan untuk :

Menenetukan kecepatan aliran suatu fluida didalam proses tertutup atau jaringan pipa

Menghitung flow rate atau debit air didalam pipa maupun aliran terbuka layaknya parit atau sungai

Dapat mengecek performa suatu mesin atau pompa layaknya pada sitem pendingin, cooling tower atau lainnya

Dapat untuk mengukur dan menyadari suatu volume atau massa suatu fluida yang lewat flow meter

Flow mtr. terhitung berguna sebagai control pada suatu proses disaat output dihubungkan ke plc

Cara Kerja Alat Ukur Debit air

Cara kerja alat ukur debit air beraneka macam bergantung pada tipe teknology yang digunannya. Pemilihan tipe water flow sensor bergantung pada obyek dan manfaat yang inginkan di dapatkan sehubungan dengan aplikasi dilapangan. Karena fungsinya sebagai alat ukur debit maka flow mtr. membawa satuan units yang tidak serupa berupa satuan flow rate, satuan velocity serta satuan volume totalizer atau mass totalizer.

Type alat ukur debit air yang banyak di gunakan oleh pdam untuk pelanggan gunakan mechanical register sebagai alat ukurnya yang terhubung dengan sensor turbine dari tipe woltman meter. Cara kerja flowmeter ini adalah disaat air bertekanan mengalir didalam flow mtr. maka turbine atau paddle akan berputar. Putaran ini diteruskan ke mekanikal register sehingga didapatkan  jumlah volume air yang mengalir didalam alat ukur debit air.

Seperti yang diketahui tipe alat ukur debit air ini ada sebagian cocok dengan cara kerjanya layaknya wolt man flow meter, magnetic flow meter, ultrasonic flow meter, analog water meter, single jet water mtr. dan mekanikal flowmeter.

Jenis Alat Ukur Debit air

Jenis alat Ukur Debit air yang paling banyak di gunakan baik di industri pengolahan air maupun di industri cocok dengan cara kerja alatnya dapat di kelompokan sebagai tersebut :

Woltman flow meter

Woltman water mtr. mengukur kecepatan air yang mengalir dengan dukungan turbin atau paddle sehingga kerap dikenal dengan turbine flow meter. Volume aliran yang masuk dihitung secara mekanis, lewat tempat penampang yang diketahui dan ditunjukkan dengan penghitung rol didalam mtr. kubik. Bentuk unik dari paddle wheel  amat mungkin water mtr. Woltman untuk termasuk rentang pengukuran yang benar-benar besar dengan pressure reduce kecil.

Pada sumbu horizontal Woltman meter, poros turbin disusun sejajar dengan sumbu pipa. Rotasi turbin ditransmisikan lewat gigi cacing ke penghitung putaran cepat. Kisaran diameter DN 40 sampai DN 500 yang benar-benar besar dapat dicakup dengan konstruksi ini. Konstruksi benar-benar kuat, sedikit kehilangan kepala.

Magnetic flow meter

Magnetic flowmeter atau Electomagnetic flow mtr. merupakan Jenis flow mtr. yang tidak membawa bagian yang bergerak (moving part). Magnetic flow mtr. ini benar-benar ideal jika digunakan untuk pengukuran aliran fluida yang tidak homogen, cairan yang kotor, cairan yang punya kandungan lumpur atau untuk cairan limbah ataupun air intake, air bahan baku, air dari waduk atau sungai yang banyak punya kandungan kotoran atau sampah ( plastik, rumput atayupun lainnya).

Alat Ukur Debit air tipe magneic ini benar-benar handal jika digunakan untuk flow mtr. limbah, lumpur atau cairan kotor, kental dan pekat..

Flowmeter magnetic ini benar-benar cocok digunakan pada proses aliran yang menyaratkan pressure drop yang benar-benar rendah. Prinsip kerja Electromagnetic flow mtr. tipe ini didasarkan pada hukum induksi elektromagnetik (Faraday’s Law), yaitu jikalau suatu fluida konduktif elektrik lewat pipa sensor elecromagnetic, maka fluida akan bekerja sebagai  konduktor yang bergerak memotong  medan magnet yang dibangkitkan oleh kumparan magnetic dari sensor / transducer, sehingga timbul tegangan listrik induksi. Read more…

Ultrasonic flow meter

Jenis alat ukur debit air  Ultrasonic Flowmeter ini memadai banyak digemari khususnya bagi mereka yang inginkan  Jenis flow mtr. yang dapat di pindah2 atau dengan kata lain dapat di bawah kemana-mana. Cara pengoprasiannya kususnya tipe calam on atau portable terhitung memadai sederhana sensor ultrasonic ditempel di permukaan luar pipa dan di clamp .

Komponen dari alat ukur debit air Jenis ultrasonic flow mtr. umumnya terdiri dari 3 bagian yaitu transducer yang berguna sebagai sensor, transducer cable yang menghubungan sensor dengan transmitter. Selanjutnya aldah  ultrasonic transmitter atau flow pc berguna produksi sinal yang dikirim dari sensor.  

By admin